Makanan Khas Tasikmalaya

Berikut Salah Satu Rekomendasi Makanan Khas Tasikmalaya 

 

1.Kupat Tahu Mangunreja

 

 

Sudah tak asing lagi dong kalo denger kata Kupat Tahu Mangunreja pastinya sudah terkenal dimana mana

Nah, jika kamu mampir ke Tasikmalaya pasti melihat banyak pedagang kaki lima yang menjual kupat tahu. Menariknya, kupat tahu khas Sunda ini sedikit berbeda dengan sajian kuliner kupat tahu di daerah lainnya karena menggunakan campuran bumbu yang khas asli dari Tasikmalaya.

Salah satu rahasia kelezatan kuliner di sini adalah saat memasak bumbu tidak menggunakan kompor, melainkan tungku(hawu) dan masih memanfaatkan kayu bakar. Sehingga rasanya masih otentik dengan aroma uap yang bikin lezat. Ditambah lagi kacang untuk bumbu tidak dihaluskan menggunakan mesin modern, melainkan dengan ditumbuk.

Karena prosesnya yang tidak instan itulah, menghasilkan rasa yang istimewa. Proses pengolahan bumbunya sendri memakan waktu kurang lebih 3 jam. Dan untuk kupatnya, menghabiskan waktu pemasakan 6 jam, supaya matang merata.

Kupat Tahu Mangunreja ini berlokasi di Jl. Raya Garut Km 2, tepatnya Kampung Toblongan, Kecamatan Mangunreja, Tasikmalaya. Buka mulai dari jam 08:00 hingga menjelang magrib. Untuk harganya, seporsi kupat tahu dibanderol Rp20.000-an, sementara untuk kupatnya saja seharga Rp5.000 per buahnya.

Beda dengan yang biasa kita temukan dipinggir jalan atau simpang lima ya mungkin tulisannya sama tapi citra aroma rasanya yang membedakan

 

2.Nasi Cikur

 

 

Dalam bahasa Sunda, nasi cikur memiliki arti nasi yang terbuat dari kencur. Terdengar sedikit aneh memang. Umumnya, nasi cikur memenggunakan bumbu kencur muda dan kencur yang bertunas dengan umbi yang warnanya masih putih. Hal inilah yang membuat aroma nasi cikur lebih harum dengan tekstur nasi yang lebih renyah dari nasi biasanya

Mungkin banyak yang berpikir nasi cikur ini dibuat layaknya nasi uduk, padahal tidak demikian. Sebenarnya kebanyakan nasi cikur khas khas Tasikmalaya ini dibuat dengan cara yang mirip dengan nasi goreng.

Sekilas melihat tampilan Nasi Cikur, siapapun pasti akan langsung penasaran dengan rasanya

Di Tasikmalaya, salah satu sajian Nasi Cikur yang terkenal yaitu berada tepat di Jalan Penyerutan, Nagarawangi, Cihideung, Tasikmalaya.

Biasa buka pagi hari kurang dari jam 8 sudah ludes

 

3.Nasi Liwet Khas Sunda

 

 

Salah satu yang paling khas dalam Nasi Liwet khas sunda ini yaitu dimasak dalam panci atau kastrol.Bumbu dan rempah yang khas seperti daun salam, potongan cabai, irisan bawang dan serai membuat hidangan ini sangat harum nan lezat. Akan lebih nikmat jika diberi tambahan pete dan teri medan yang sudah digoreng. Apalagi, disantap saat nasi baru saja matang.

Dan yang menjadi ciri khas liwet Sunda yaitu cita rasa dan aroma yang khas dengan tambahan ikan asin digemari oleh semua orang. Bahkan dalam membuatnya ikan asin dicampur dengan bahan nasi liwet. Ditambah lagi dengan paduan sambal dan juga lalapan.

Salah Satunya yang berada di Tasikmalaya yaitu di

Jalan Garut-Tasikmalaya No.92
Cikunten
Singaparna
Tasikmalaya
Jawa Barat 46414
Indonesia

Jam Buka

Sen: 07.00–22.00
Sel: 07.00–22.00
Rab: 07.00–22.00
Kam: 07.00–22.00
Jum: 07.00–22.00
Sab: 07.00–22.00
Min: 07.00–22.00


▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
TASIK ASIK adalah Komunitas Digital Kreatif di Tasikmalaya.
Silakan hubungi kami jika Anda punya usaha, produk atau kegiatan dan ingin mengundang atau bekerja sama dengan kami, melalui
- Website: https://TasikAsik.id
- Facebook: @tasikasik.id
- Instagram: @tasikasik.id
- Youtube: @tasikasikofficial
- TikTok: @tasikasikfood
▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

Comment

News Feed