PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) menargetkan 13 terowongan atau tunnel dari proyek kereta cepat Jakarta-Bandung bisa selesai di akhir 2021. Sejauh ini KCIC telah menyelesaikan delapan dari 13 tunnel yang ada di Jalur di Kereta Cepat Jakarta-Bandung sepanjang 142,3 kilometer (km).
“Jadi per minggu ini sudah 8 terowongan yang tembus dan targetnya di akhir tahun semua terowongan selesai. Jadi target menuju masa operasi di akhir tahun depan,” kata Direktur Manajemen Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Allan Tandiono, ketika mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Selasa (18/5/2021).
Allan mengatakan, Tunnel 1 Halim Kereta Cepat Jakarta-Bandung sepanjang 1.885 meter atau 1,8 kilometer yang berlokasi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 5+500 menjadi pertama yang diresmikan. Ini juga menjadi satu-satunya terowongan yang menggunakan TBM (Tunnel Boring Machine) sama seperti di MRT Jakarta.
“Ini terowongan pertama yang paling dekat dengan Jakarta. Tapi TBM-nya size nya dobel. Ini 13,19 meter dan terbesar yang pernah beroperasi di Indonesia. Dan sudah terbukti, dan diberikan sertifikat oleh MURI,” jelasnya.
“Dan tadi bapak sudah video conference dengan rekan kami di tunnel 6 yang merupakan tunnel yang terpanjang, 4,4 km di kereta cepat Jakarta-Bandung,” sambungnya.
Dia menambahkan, timeline waktu pengerjaan untuk pembangunan tunnel yang panjangnya 1,8 km ini memakan waktu selama 14 bulan. Dan selanjutnya pihaknya akan melakukan finishing untuk pembukaan atau dilaunching.
“Nanti ditutup sama seperti MRT. Yang patung pemuda ditopang, setelah jadi ditutup. Nanti ini juga akan ditutup rapi. Sampai akhir tahun itu yang akan kami kejar. Juga akan dipasang drainase dan pemasangan kabel untuk sistem persinyalan dan lain-lain. Untuk sistem fasilitas operasi kereta api,” jelasnya.
Nilai proyek pembangunan yang ditargetkan rampung akhir 2022 ini membengkak hingga 23% dari nilai proyek awal US$ 6,071 miliar.
Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung merupakan bagian dari proyek strategis nasional. Pembangunan proyek sempat terkendala Pandemi Covid-19 dan pembebasan lahan.
Inilah 13 Tunnel Kereta Cepat Jakarta Bandung – Terpanjang :
1. Tunnel 1 Halim
Panjang 1870 meter
Inlet KM 02+540
Outlet KM 04+410
2. Tunnel 2
Panjang 1030 meter
Inlet KM 74+020
Outlet KM 75+050
3. Tunnel 3
Panjang 755 meer
Inlet KM 75+545
Outlet KM 76+300
4. Tunnel 4
Panjang 1400 meter
Inlet KM 76+895
Outlet KM 78+295
5. Tunnel 5
Panjang 417 meter
Inlet KM 86+535
Outlet KM 86+952
6. Tunnel 6
Panjang 4478 meter
Inlet KM 88+867
Outlet KM 93+340
7. Tunnel 7
Panjang 1235 meter
Inlet KM 93+660
Outlet KM 94+895
8. Tunnel Walini
Panjang 608 meter
Inlet KM 95+472
Outlet KM 96+080
9. Tunnel 8
Panjang 2190 meter
Inlet KM 97+320
Outlet KM 99+510
10. Tunnel 9 GDK99-GDK100T
Panjang 208 meter
inlet KM 99+842
Outlet KM 100+050
11. Tunnel 10
Panjang 1230 meter
Inlet KM 107+070
Outlet KM 108+300
13. Tunnel 11 Gunung Bohong
Panjang 1110 meter
Inlet KM 113+440
Outlet KM 114+525
Sumber : https://www.liputan6.com/
▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ TASIK ASIK adalah Komunitas Digital Kreatif di Tasikmalaya. Silakan hubungi kami jika Anda punya usaha, produk atau kegiatan dan ingin mengundang atau bekerja sama dengan kami, melalui - Website: https://TasikAsik.id - Facebook: @tasikasik.id - Instagram: @tasikasik.id - Youtube: @tasikasikofficial - TikTok: @tasikasikfood ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
Comment